Tribunnews: Nama JK dan Anies Baswedan Masih Dibicarakan Kader PPP

Tribunnews: Nama JK dan Anies Baswedan Masih Dibicarakan Kader PPP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan soal calon presiden, PPP akan membahasnya di Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), yang akan digelar 7-9 Februari mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Kepada wartawan di kantor PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (03/02/2014), Lukman mengatakan di PPP ada kader yang berharap partai di Mukernas hanya membahas pencapresan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali. Selain itu dan ada kader yang berharap selain Suryadharma Ali juga harus dibahas tokoh-tokoh lain seperti mantan Wakil Presiden sekaligus mantan Ketua Umum Partai Golkar, serta tokoh pendidikan Anies Baswedan.

"PPP punya sistem, punya aturan main, apalagi sepenting capres, tentu tidak bisa dimunculkan begitu saja nama-namanya, harus dimusyawarahkan. Ada JK (Jusuf Kalla), Anies Baswedan, ada banyak nama," ujarnya.

Namun di PPP kader yang berharap hanya Suryadharma Ali yang dibahas di mukernas, jumlahnya lebih banyak dari kader yang berharap Suryadharma Ali ditemani tokoh-tokoh lain.

"Mesipun Suryadharma Ali yang paling banyak beredar, nanti mukernas inilah yang akan memunculkan capres. Kita lihat nanti bagaimana dinamika mukernas," jelasnya.

Soal kapan nama capres akan diumumkan, Lukman juga belum bisa menentukan. Kata dia hal tersebut juga merupakan agenda yang akan dibahas di mukernas. Ia mengatakan di internal partai ada kelompok yang berharap nama capres diumumkan sebelum pemilihan legislatif (Pileg) pada 9 April mendatang.

"Dengan dinyatakannya sebelum 9 April ini diharapkan nama yang diusung ini ikut mendongkrak suara. Diyakini nama ini bisa mengangkat PPP sehingga penambahan kursi bisa signifikan," tuturnya.

Namun demikian untuk mengajukan nama capres suatu partai harus memenuhi syarat ambang batas, yakni mendapat 20 persen suara. Partai yang tidak memenuhi ambang batas terpaksa harus berkoalisi. Sebagian kader PPP pun berharap nama capres-cawapres diumumkan sebelum Pileg.

Sumber Berita: Tribunnews

Sumber Gambar: Viva


Anies Baswedan adalah penggagas gerakan TurunTangan. Gerakan ini mendorong orang baik untuk masuk ke ranah politik. Ayo, ikut turun tangan!

Ikut Turun Tangan